Selasa, 07 Oktober 2014

Tips Menghemat Kuota Internet Di Ponsel Android

Tips  menghemat kuota internet di  android – Internet kini menjadi salah satu item yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Terutama bagi pengguna smartphone dengan sistem operasi Android yang mutlak memerlukan koneksi internet agar bisa difungsikan secara maksimal. Saat ini segala bentuk komunikasi memang sebagian besar bergantung pada internet baik itu perpesanan, sosial media, bahkan untuk menjalankan aplikasi juga membutuhkan internet. Meskipun saat ini tarif internet operator di Indonesia cenderung lebih murah jika dibanding beberapa tahun yang lalu, namun karena konsumsi data smartphone cukup tinggi, banyak pengguna yang masih mengeluhkan borosnya penggunaan data.  Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti semakin cepatnya koneksi internet sehingga pengguna bisa leluasa melakukan aktivitas browsing, downloading dll dengan cepat sehingga berimbas pada cepatnya pula kuota internet habis. Selain itu kesalahan setingan atau penggunaan aplikasi browser yang kurang tepat juga ikut memberi sumbang sih menyedot kuota internet.
Menghemat kuota internet
Menghemat kuota internet

Tips Menghemat Kuota Internet di Android

Untuk mengatasi masalah borosnya pemakaian data, atau kuota cepat habis, kita bisa menyiasatinya dengan cara menghemat kuota internet melalui pengaturan khusus pada browser yang digunakan. Saat ini sebagian besar pengguna smartphone Android memakai browser chrome dan opera mini. Sayangnya belum banyak yang mengetahui bahwa kedua browser tersebut sebenarnya memiliki fitur untuk menghemat kuota internet sehingga lebih hemat data.  Nah berikut ini Blogekstra berikan tips, bagaimana cara menghemat kuota internet di android dengan menambahkan pengaturan khusus pada kedua browser tersebut .
Mengakaktifkan opsi kompresi data
Pada Chrome

Buka aplikasi Chrome lalu menuju  menu – setting dan akan muncul jendela pengaturan lain, pilih opsi Bandwith Management, kemudian ubah ,menjadi On pada fitur Reduce Data Usage.
Pada Opera

Pilihan menu kompresi data sebenarnya juga disematkan pad a browser opera. Untuk mengaktifkannya tinggal  sentuh logo opera di bagian kanan bawah. Lalu akan muncul menu pengaturan Off-Road. Ganti ke posisi  ON.
Efek pengaktifan Kompresi data
Setelah fitur kompresi data diaktifkan di kedua browser tersebut, ternyata dari hasil percobaan didapatkan bahwa penggunaan data dapat ditekan dan bisa hemat lebih dari 50% jika dibandingkan tanpa mengaktifkan fitur kompresi data.  Untuk mengetahui perbedaannya, bisa dilihat pada menu bandwith Management (Chrome) dan menu Off Road di Opera.

Itulah cara menghemat kuota internet di android dengan mengotak atik pengaturan browser. Dengan cara tersebut kita bisa memperpanjang paket internet hingga dua kali, selain itu cara ini juga bisa mempercepat browsing ketika mengakses situs dengan konten kaya media seperti foto dan animasi. Selamat mencoba.

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :