Selasa, 07 Oktober 2014

Cara memperbaiki Kartu Memori Tidak Terbaca/Rusak Pada Android

Kerusakan pada memori penyimpanan atau memori card memang sering terjadi pada sebuah smartphone. Tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada ponsel berplatform android. Banyak dijumpai pengguna Android mengalami hal serupa yaitu yaitu kartu memori tidak terbaca/rusak. Padahal, seperti yang diketahui, dalam memori tersebut tersimpan banyak aplikasi, sehingg apabila ruak aplikasi yang sudah tersimpan tidak bisa dijalankan. Begitu juga dengan pemutar lagu yang otomatis tidak bisa diputar karena file lagu biasanya disimpan di kartu memori.
megatasi memori card
Berikut beberapa cara memperbaiki kartu memori tidak terbaca/rusak:
1. Setting Melalui Ponsel Android Anda
Dalam smartphone android bisa memperbaiki memori tanpa harus mematikan ponsel. Cukup dengan masuk ke “setting> Strorage> Erase SD Card”. Memang cara ini dapat menyebabkan file dan data yang tersimpan dalam memori tersebut hilang namun cukup ampuh memperbaiki kerusakan. Apalagi kerusakan yang disebabkan karena gangguan malware yang menyebabkan memori tidak terdetek atau tidak terbaca.
2. Menggunakan Sambungan Ke Komputer
Yang dibutuhkan dalam cara ini adalah kabel penghubung USB pada android. Setelah android dan komputer tersambung maka berikutnya yang pertama dilakukan adalah buka windows eksplorer. Setelah itu pilihlah drive ponsel kita kemudian klik kanan. Pilihlah Tool kemudian Error Checking, lalu scan lah memori ponsel anda. Tunggu hingga proses scanner selesai lalu eject dan cobalah kembali ponsle android anda.
cek memori
Jika cara tersebut belum juga membuahkan hasil, maka setelah kabel tersambung salin atau copylah data yang terdapat pada memori pada folder di komputer. Setelah semua data tercopy barulah kita format dengan cara: klik kanan drive kartu memori kemudian pilihlah option format. Setelah terformat dan memori dalam keadaan kosong, maka kembalikan data-data yang tadi di back up, namun cukup yang paling dianggap penting saja. Cara ini juga bisa menggunakan card reader, tentunya dengan langkah yang tidak jauh berbeda.
Perlu diketahui, beberapa cara tersebut hanya ampuh untuk apabila kerusakan yang terjadi bukan pada kerusakan fisik seperti retak atau patah. Melainkan hanya kesalahan data atau aplikasi yang terdapat pada ponsel android anda.

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :