Senin, 02 Februari 2015

Fungsi dan Kegunaan POE (Power Over Ethernet)

POE singkatan dari Power over Ethernet. Sesuai kepanjangannya, secara bahasa sehari-hari bisa diartikan "menyalurkan tenaga listrik lewat kabel ethernet". Listrik ini disalurin melalui 2 pair kabel UTP, bisa 1,2,3,6 atau 4,5,7,8.
POE yang umum digunakan adalah mengacu ke standar IEEE 802.3af dimana maximum power per
portnya adalah 15.4W, namun dikarenakan banyak perangkat baru yang membutuhkan supply power lebih tinggi (misalnya utk AP 802.11n 3x3 atau 4x4) maka dibuat standar baru yaitu IEEE 802.3at dimana maximum power per port-nya adalah 34.2
 Lalu apa fungsinya? POE digunakan untuk menyelesaikan masalah sulitnya mencari sumber power pada saat memasang perangkat seperti Access Point, IP Camera dan IP Phone. Bayangkan bila tidak ada POE dan kita diharuskan memasang Access Point atau IP Camera disebuah ruangan yang besar, maka cost akan tinggi karena setiap perangkat membutuhkan 2 tarikan yaitu kabel UTP utk data dan kabel listrik (serta power outletnya). Dengan adanya PoE, kita cukup melakukan satu tarikan saja yaitu kabel UTP.

Untuk menghubungkan 2 komputer, TreTan membutuhkan kabel yakni kabel UTP, arti dan kepanjangan dari UTP adalah Unshielded Twisted Pair dan bisa dibentuk dengan pola Cross atau Straight. Banyak tutorial cara membuat kabel jaringan UTP untuk LAN dengan model Cross ataupun Straight dengan urutan warna: Orange Putih, Orange, Hijau Putih, Biru, Biru Putih, Hijau, Coklat Putih, Coklat. Kabel Cross biasanya digunakan terbatas hanya untuk 2 komputer yang saling terhubung dan straight digunakan untuk banyak komputer.
Pengalaman kabel Cross juga bisa dipakai untuk versi Straight dan tidak ada masalah dalam pemakaiannya maupun lalulintas jaringan. Setelah kita membuat kabel LAN maka pastikan semua kabel mengenai ujung dari konektor RJ45 kemudian baru TreTan mengkrimpingnya menggunakan Tang Krimping. Jangan lupa untuk mengetes kabel LAN yang telah dibentuk menggunakanLAN Tester dengan mencocokkan kedipan warna. Jika urutannya benar, maka tiap lampu akan berkedip secara bersamaan dari angka 1 hingga 8.
itch �k f ='mso-bidi-font-style:normal'>, RouterGateway sebagai peralatan interkoneksinya.


Macam-macam Jaringan komputer berdasarkan yang jangkauan area / wilayah begitu luas tergantung letak geografis tempat dimana akan dipasang jaringan.Semakin jauh jarak tiap komputer yang
terhubung maka dibutuhkan hardware pada jaringan komputer tersebut agar data yang dikirim tidak hilang ditengah "perjalanan" menuju computer lainnya.Nama Hardware Jaringan tersebut adalah POE(Power Over Ethernet)

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :