Kamis, 17 September 2015

Tips Mengatasi Android yang Lemot dan Suka 'Force Close'


Percayalah, sekarang Android merupakan OS dengan pengguna paling banyak di dunia smartphone. Dan tentunya, semakin banyak pengguna, pasti banyak juga varian smartphone yang hadir. Mulai dari spesifikasi rendah hingga tinggi.
Hanya saja, tidak semua kalangan mampu membeli smartphone dengan spesifikasi tinggi, sehingga terkadang pengguna smartphone dengan spesifikasi rendah akan sedikit terkendala dengan hardware dan mengalami beberapa masalah.

Kenapa Android Menjadi Lemot?

RAM (Memory) Smartphone yang Terlalu Kecil

Ini adalah penyebab utama Android kamu lemot. Aplikasi seperti Facebook, BBM, Twitter, dan lainnya sangat memerlukan RAM yang cukup besar, apalagi jika semua itu dijalankan secara bersamaan, tentunya RAM 512 MB atau bahkan 1 GB tidak akan terasa cukup. Jadi, bijaklah sebelum membeli sebuah smartphone.

Masih Menggunakan Single Core

Prosesor juga tidak bisa luput dari patokan kenapa Android lemot. Karena pada umumnya, Android adalah OS yang berbasis multi-tasking, tentunya akan terasa berat ketika kamu melakukan multi-tasking dengan Android yang menggunakan prosesor Single Core, paling tidak seharusnya kamu menggunakan Dual-core, Quad-core atau Octa-core.

Banyak Aplikasi yang Berjalan di Background

Meskipun kamu memiliki RAM 1 GB atau 2 GB, lama kelamaan pasti akan terasa lemot juga, kenapa? Karena ada sebagian aplikasi yang ketika ditutup, aplikasi tersebut tidak benar-benar berhenti, terkadang ada beberapa aplikasi yang masih berjalan di background, sebut saja Facebook, BBM dan Email Sync.

Lalu, Kenapa Android Suka Force Close?

Sisa RAM (Memory) yang Terlalu Sedikit

Kembali lagi ke RAM, Perangkat satu ini memang memiliki peran krusial di setiap smartphone. Bayangkan saja, jika kamu memiliki RAM 512 MB, lalu menjalani aplikasi yang banyak secara bersamaan, tentunya ada proses yang akan dibatalkan, dan itulah yang membuat aplikasi Force Close.

Aplikasi Tidak Support atau File Korup

Tidak semua kejadian Force Close dihadirkan oleh RAM. Ada juga beberapa aplikasi yang memang tidak kompatibel dengan device Anda namun tetap dipaksakan, tentunya ketidakcocokan sistem ini akan berdampak pada munculnya aksi Force Close tersebut.

Sekarang, Bagaimana Mengatasi Android yang Lemot?

Jangan Install Aplikasi Messaging terlalu banyak

Ini masalah yang kerap kali ditemukan oleh mayoritas pengguna Android, mereka memasang banyak aplikasi Instant Messaging seperti BBM, Facebook, WeChat, KakaoTalk, dan lainnya secara sekaligus, padahal belum tentu semuanya terpakai. Sadar atau tidak, semua aplikasi ini masih akan terus berjalan di background, dan akan menggerogoti RAM Anda setiap waktu.Oleh karena itu, mulai sekarang bijak dan tentukanlah pilihan mana aplikasi yang sekiranya memang harus bertahan, dan mana yang harus ditinggalkan atau tidak dipasang.

Hapus Aplikasi yang Jarang dipakai

Berbeda dengan Instant Messaging, aplikasi yang menumpuk dan jarang dipakai, hanya akan menjadi sampah internal Android Anda. Tentunya hal ini akan membuat Android Anda bekerja lebih keras untuk mempertahankan aplikasi tersebut. Alangkah baiknya jika dihapus saja aplikasi yang jarang dipakai tersebut, agar performa Android lebih terasa optimal. Kamu bisa menggunakan aplikasi Link2SD untuk menghapus beberapa aplikasi secara tuntas dan mudah

SUMBER: JALANTIKUS.COM

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :