Selasa, 07 Oktober 2014

Pengertian dan Jenis Proxy

Pengertian Proxy
Proxy server merupakan komputer server yang biasanya berfungsi untuk melakukan permintaan atau request terhadap konten dari internet. Selain itu, proxy dapat bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer lainnya. Dimana web server yang telah menerima permintaan dari proxy server akan melanjutkan permintaan-permintaan tersebut seolah-olah permintaan tersebut adalah permintaan langsung dari komputer klien, melainkan bukan dari komputer server. Proxy server juga biasanya dapat dipergunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang bisa dihubungkan ke jaringan publik atau umum.
proxy server
Proxy server bisa mempunyai lebih banyak fungsi jika dibandingkan dengan router yang hanya memiliki fitur seperti paket penyaringan terhadap konten dari internet. Selain itu, proxy server dapat beroperasi pada level yang lebih tinggi serta memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy sendiri telah menyediakan sumber daya yang baik karena dapat menghubungkan ke jaringan server tertentu atau bahkan melayani dari cache. Bahkan, dalam beberapa kasus, proxy sendiri dapat mengubah permintaan klien atau respon server untuk digunakan dalam berbagai tujuan.
Jenis-jenis Proxy
Terdapat empat jenis server proxy yang Anda perlu tahu:
Transparan Proxy.
Tranparan Proxy merupakan jenis server proxy yang mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy dan juga membuat alamat IP asli tersedia melalui http header. Server Proxy jenis ini biasanya digunakan untuk website cache, yang dimana tidak akan efektif memberikan data anonim apapun untuk para penggunanya. Penggunaan jenis proxy ini bisa saja membuat IP Anda terkena banned. Karena proxy ini merupakan transparan dalam sistem publik, jadi transparan disini merupakan istilah yang bisa saja Anda belum tahu pada saat menggunakannya.
Anonymous Proxy
Anonymous Proxy merupakan jenis proxy yang mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy, namun proxy ini tidak dapat membuat alamat IP yang asli tersedia. Jenis proxy ini sebetulnya jenis server proxy yang terdeteksi, namun proxy server yang bersifat anonim basanya masih terlihat wajar bagi sebagian besar pengguna di internet.
Distorting Proxy
Distorting proxy merupakan jenis server proxy yang mengidentifikasi dirinya sebagai jenis server proxy yang membuat alamat IP seseorang yang terlihat tetapi bukan IP asli, itu hanya sebuah rekayasa. Sedangkan IP asli tersedia melalui hhtp header.
High Anonymous Proxy
High Anonymous Proxy merupakan jenis proxy server yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai server proxy. Bahkan proxy jenis ini pun tidak dapat menyediakan alamat Ip asli.

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :