Kamis, 17 September 2015

Ini Gambar Apa Sih? Dan Kenapa Muncul di Semua TV yang Ada?

Ini gambar apaan sih? Dan kenapa ia selalu hadir setiap TV di rumah kita selama ini? Perkenalkan, itu merupakan stardard test/testcard dengan jenis color bar dan ialah yang membantu channel televisi dan TV kita sendiri untuk tetap menampilkan warna dan kecerahan yang tepat selama ini. Namun bagaimana ya cerita dibalik strip berwarna yang sering muncul pada saat channel berhenti beroperasi tersebut?

SMPTE Color Bars

SMPTE Color BarsSaat tengah malam, ketika sebuah channel televisi berhenti mengudara, maka mereka akan menampilkan serangkaian strip berwarna dengan diiringi oleh suara monotone yang panjang dan keras. Strip dan suara tersebut dikenal dengan nama Society Motion Picture and Television Engineers’s Engineering Guideline EG 1-1990. Fungsinya adalah untuk mengkalibrasi monitor dan televisi.
Semua warna yang dihardirkan oleh color bar tersebut bukan disusun dengan asal. Warna kuning, cyan, hijau, magneta, merah, dan biru di tengah layar kamu itu disusun mulai dari warna yang paling cerah hingga paling redup. Susunan itu digunakan untuk menentukan white level yang tepat dari monitor kamu. Sedangkan untuk rangkaian warna di bawahnya, ada warna briu, hitam, magenta, dan seterusnya yang digunakan untuk menentukan color balance.

PM5544

PM5544Nah ini dia test card yang tidak kalah seringnya kita jumpai di televisi. Iya gambar tersebut merupakan test card bernama PM5544 dan memang sering digunakan untuk TV dengan format video PAL atau Phase Alternate Line. Jika SMPTE Color Bars pada awalnya dikhususkan untuk fomar video NTSC yang biasanya diperuntukkan untuk wilayah Amerika Utara (yang kemudian juga digunakan untuk PAL juga), maka PM5544 memang dikhususkan untuk televisis PAL untuk wilayah Eropa dan Asia.

SUMBER: JALANTIKUS.COM

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :