Minggu, 28 September 2014

cara menjadi teknisi komputer


Jadi Seorang Teknisi Komputer, Bagi saya sih itu hal yang keren.
Bagaimana rasanya umur masih belasan tahun bisa menservice komputer, yang katanya komputer itu barang canggih, #it's Amazing. Kata Teknisi Juga bukan selalu harus menjadi orang teknik yang harus berkotor kotoran, cewek juga bisa jadi teknisi komputer kok, karena teknisi bukan selalu harus bongkar komputer, anda bisa install system aja sudah bisa dibilang teknisi komputer kok.



Dulu waktu saya kecil,ketika saya melihat orang yang bisa betulin komputer, ane berucap "G.I.L.A" pinter amat itu orang barang yang dikatakan canggih bisa dibetulkan dulu saya mengira install ulang system atau install software itu kita harus bongkar komputer itu dan memasang chip dll (Gaya bahasa anak kecil yang terdengar sedikit aneh haha).
Hal itu yang saya pelajari selama ini, sampai akhirnya saya memutuskan untuk sekolah kejuruan di jurusan komputer "MULTIMEDIA", yang alhamdulilah dari Freelance service komputer yang saya kerjakan bisa buat uang saku, sampai akhirnya saya kerja di tempat saya saat ini, sedikit cerita ya agan, mari kita mulai,warung belajar akan membahas cara mudah menjadi teknisi komputer, kita bentuk mental dulu :



Bentuk Mental TEKNISI 


1. Niat

Semua hal pasti butuh niat, Niat anda untuk menjadi seorang teknisi ini harus tinggi, apapun masalahnya, anda harus percaya dengan niat, Anda bisa jadi teknisi komputer yang Profesional :D.


2. Percaya Diri

Ini kata simple tapi bisa jadi semangat terbesar yang agan punya, saya sering menangani hal yang mungkin saya sendiri belum tahu gimana cara buat memperbaikinya #Nekat. Yang ada dalam pikiran saya hanya "Gimana ini bisa selesai dan dapat duit :D". Yang penting percaya diri dulu, ketika menghadapi hal baru, silahkan ucapkan saja "Saya akan berusaha semaksimal mungkin pak/bu/om/tante untuk memperbaiki komputer ini :D #pasangtampangkeren ".haha


3. Gunakan Media Internet Untuk belajar

Ya media internet ini yang sangat penting nanti saya jelaskan bagaimana caranya. Dunia ini besar gan, kagak mungkin juga teknisi komputer cuma agan doank mungkin ada ratusan .Di internet banyak forum yang membahas mengenai permasalahan yang agan hadapi. Jadi bisa cari cara mengatasinya.


4. Jalin Relasi Seluas Mungkin

Relasi sangat anda butuhkan dalam hal perbaikan komputer, kenapa ??
jika anda menghadapi hal yang anda sendiri tak mampu mengatasinya, lalu mau ditolak itu servican ??? kan rugi juga gan :D.
Semisal agan cuma bisa yang namanya install ulang system, eh ternyata agan dapat servican buat betulin motherboard rusak ?? #nahlo. Mau lari kemana agan ?? mau ditolak ?? (itu mah rezeki jangan ditolak gan).
Caranya anda sebelum buka servican itu, tinjau dulu kira kira didaerah agan service monitor dimana ?? service harddisk dimana ? service motherboard dimana ?? anda tulis semua, lalu nanti kan bisa dilempar kesana, yang penting orang tahu. agan yang betulin itu komputer, kan nama agan yang dikenal :D #tampangkeren.


5. Kepercayaan pelanggan adalah segalanya

Ini Hampir berlaku untuk semua hal, kepercayaan dari pelanggan agan adalah nilai yang sangatlah mahal. Biasanya pandangan orang awam ke seorang teknisi itu "Gimana nanti kalau barangnya ditukar,barangku yang bagus di tukari barang bekas", tak dapat kita pungkiri itu yang jadi pemikiran orang yang baru kenal sama kita apalagi kita masih belum ada pengalaman #masihunyu haha.Jadi jika anda telah mendapatkan kepercayaan pelanggan pertahanin bang ;D


6. Suka Tantangan

Ya itu mungkin kata yang lebih enak didengar daripada "Mampu bekerja dalam tekanan", ya agan harus belajar bagaimana mengejar sebuah deadline, jika anda sudah janji hari minggu selesai sebisa mungkin minggu selesai, atau baik lagi sabtu selesai, itu akan jadi nilai plus buat agan, seperti yang saya jelaskan di point ke 5 .


----------------------------------------------------------------------------------------------
----------------------------------------------------------------------------------------------


KEMAMPUAN YANG DIBUTUHKAN


Itu tips dasar yang harus anda miliki buat membentuk mental agan agar jadi seorang teknisi komputer yang sholeh sholihah hahaha :D bercanda gan.
Perlengkapan Mental Sudah, Lalu skill apa yang harus kita punyai ??? Buat memulai jadi seorang teknisi komputer tak perlu kita harus sekolah tinggi tinggi sampai s1 or s2 atau s3 itu, berapa tahun sekolahnya ???? bisa belajar otodidak kok, dan gratis (Indonesia kan suka gratisan) :D. ukey kita mulai bahas :


1. Bisa Install Ulang Windows & Punya Cd Installer Windows

Ya ini modal saya dulu jadi teknisi komputer secara freelance waktu masih kelas 2 smk. Pokoknya dalam pikiran saya kalau komputernya error kagak mau masuk windows ya saya install ulang deh, daripada kelamaan mikir, yang penting selesai dapat duit :D.
Anda bisa belajar buat install ulang di artikel saya yang ini "Tutorial Install windows xp 2
atau kalau agan tak punya CD Installer agan bisa pakai flashdisk buat install ulang system pengganti cd baca juga tutorial saya yang ini "Install Windows Lewat Flashdisk" Atau agan tidak punya File Installer Windows bentuk iso atau bentuk nrg ?? wah agan cari aja di google aje, atau indowebster.com kalau ane cantumin disini takutnya nanti ane ditangkep sama om mikocok ane takut gan hahaha :D.
Dengan hanya modal bisa install ulang itu lumayan gan, kalau di tempat tempat gede kayak hi tech mall surabaya itu untuk install itu harganya sekitar 50 - 100 ribu lumayanlah buat saku anak kuliahan kayak saya :D.


2.Punya Software dan Bisa Install Software (Serial Number, Crack, Keygen)

Setelah anda sudah bisa install ulang system pastinya anda juga harus install softwarenya kan gan, ya standart aja kok gan kalau saya biasanya, Microsoft Office, K- Lite Codec Pack, Adobe Reader, Nero, Winamp, Antivirus (Minimal Smadav), Winrar (Software terpenting haha ),Browser (Mozilla,opera,google Chrome), Yahoo Massanger. Dimana saya cari software sebanyak ini ??? It So simple cari aja di 4shared.com, google.com, indowebster.com.


3. Bisa Menggunakan Hiren Boot Cd

Apa lagi ini hiren boot cd, Cd ini saya kenal sejak saya lulus sekolah, isinya memang keren abis dah gan, mungkin kalau agan mau belajar hiren boot cd ini saya sudah membuat tutorialnya kok di warungbelajar ini :

kenalan dengan hiren boot cd

Solusi Backupdata dengan hiren Boot cd

solusi ntldr is missing windows xp

cloning system dengan hiren boot cd

belajar recovery partition

banyak bener ya ??? agan tidak harus pelajari semuanya kok, pelajari saja solusi backup data dengan hiren boot cd, karena biasanya masalah yang paling saya sering temui adalah yang kayak gini :
C (Client)
A (Ane)
C : "Mas komputer saya tidak bisa masuk system mas, itu biasanya kenapa ya mas ???"
A : "itu biasanya sih systemnya rusak minta diinstall ulang (pikir ane daripada ribet install ulang aja deh)".
C : "yawdah terserah mas aja, tapi datanya di my document kagak hilang kan mas ?? Itu data penting mas, mau tak copy eh tidak bisa masuk system mas"
(Nah ini mengapa saya menyarankan anda untuk belajar backup data lewat hiren boot cd, ketika system rusak my document bisa anda selamatkan dengan cara ini :D )
A : "Pasti bisa Pak/Buk/Om/Tante/Mas/Mbak serahkan pada ahlinya #pasangtampangkeren :D".
Itu hal yang sangat sering saya temui. dan saya telah bagikan kepada teman teman semua :D.


4. Sedikit tahu soal Perangkat keras (Hardware)

Ya tidak seterusnya anda hanya berotak atik dengan yang namanya hanya install ulang system.
Anda setidaknya tahu mana yang namanya harddisk, mana yang namanya ram, mana yang namanya power suplly, Mana Prosesor, hanya simple kok, hanya perlu tahu.
Ini rahasia ye gan biasanya kalau komputer tidak mau nyala, waktu ente nyalain si power komputernya memang nyala, tetapi si monitor cuma muncul tampilan gelap tidak muncul apa apa !! #bikingalau haha
yang agan harus periksa yang pertama itu ram,yang kedua itu power supply, itu saran ane.
Pasti di dua itu, klo si ram cukup agan bersihkan bagian kuning kuningnya pakai penghapus pensil, kalau di power supply coba agan ganti dengan power supply baru sapa tahu bisa, coba baca di artikel yang yang ini "Penyebab Komputer Rusak"


5.Ada koneksi internet & Kemampuan Browsing

Kenapa ini kok jadi skill yang dibutuhkan juga ya ???
Pertama :
Kalau ada permintaan dari client semisal pingin diinstall software baru entah software apaan itu,agan bisa cari diinternet, client pingin update antivirus agan bisa updatin, jadi biar kelihatan keren meskipun aslinya gratisan :D
Kedua :
Mudah saja seperti point 4 tadi, jalin relasi sebanyak banyaknya, tidak menutup kemungkinan kita juga jalin teman di dunia maya, bukan maksudnya facebookan --" , semisal gini agan punya permasalahan yang agan sendiri kagak tahu gimana cara nyelesaikannya, agan bisa cari di forum forum yang membahas masalah komputer, forum andalan ane sih kaskus.com.
Sedikit curhat ya, dulu ane pernah dapat job buat betulin komputer dan permasalahannya aneh, saya sendiri tidak tahu caranya, mau tanya temen kagak ada yang bisa, coba deh iseng iseng post di kaskus.com di bagian forum komputer, 30 menit langsung dah dibalas sama anak anak forum, dan saya coba dan akhirnya berhasil.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


ALAT APA SAJA YANG DIBUTUHKAN


ukey dari tips membentuk mental, keahlian yang dibutuhkan sudah, sekarang kita tinggal bicara senjata kita pakai apaan ??? pedang, kapak , palu ??? hahaha (Effect maen game online ) bercanda gan :D. Kita bicara alat apa saja yang anda butuhkan buat jadi teknisi komputer, yang saya tulis ini alat minimal kok gan.


1. Cd installer Windows 

Baik Windows 98 (Jangan salah kadang masih dipakai),XP1,XP2, Vista, 7, Linux
Banyak amat ya?? itu hanya pelengkap doank, yang penting punya XP 2 dan 7 itu biasanya digunakan



2. Obeng & Kuas

Ya pastilah ini yang digunakan Obeng buat buka casing dan kuas untuk membersihkan debu debu komputer


3. Iso Thermal

Pasta Prosesor ini kadang kita juga butuhkan walaupun tidak sering sering amat, tapi sebaiknya anda juga menyediakan, walau bisa pakai cara extrem pakai pasta gigi (WOW).:D


4. Penghapus Pensil

Apakah agan mengira saya bercanda ??? tidak gan ini serius, memang penghapus pensil sepele, tapi ini biasanya dibuat untuk membersihkan memory ram agar komputer bisa nyala lagi.


6. Flashdisk

ya jika beberapa komputer client agan yang tidak punya CD or DVD bagaimana bisa install ulang. agan bisa gunakan flashdisk untuk install ulang cara nya silahkan baca disini


7. Kumpulan Software

Ini juga penting buat komputer yang baru install ulang, pastinya kagak ada softwarenya anda harus menyediakan juga kawan.Paling tidak punya Microsoft Office, K- Lite Codec Pack, Adobe Reader, Nero, Winamp, Antivirus (Minimal Smadav), Winrar (Software terpenting haha ),Browser (Mozilla,opera,google Chrome), Yahoo Massanger. Dimana saya cari software sebanyak ini ??? It So simple cari aja di 4shared.com, google.com, indowebster.com.


Ya itu yang warung belajar bisa bagi buat agan agan semua, saya yakin masih banyak tips tips yang ada untuk memulai belajar jadi seorang teknisi komputer profesional, jika agan mau menambahkan dengan senang hati saya persilahkan di bagian komentar :D. jika menurut agan artikel ini bermanfaat silahkan juga untuk berlangganan artikel saya yang lainnya lewat Feedburner dibagian kanan atas blog ini.Demikian artikel mengenai cara mudah jadi seorang teknisi komputer, semoga bisa bermanfaat buat agan agan semua :D. Happy Blogging

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :