Selasa, 06 Mei 2014

Kenapa Handphone atau Smartphone Cepat Panas?

 
Kenapa Handphone atau Smartphone Cepat Panas? - Beberapa pengguna handphone atau smartphone mungkin pernah merasakan panas yang berlebihan (overheat) pada handphone, smartphone atau gadget lainnya seperti PC tablet. Penyebab gadget-gadget tersebut cepat panas  sangatlah beragam, bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang running di background, masalah pada baterai atau hardware, atau bisa juga karena kesalahan penggunaan seperti penggunaan telpon, ber-sms-ria, atau chatting yang berlebihan dan banyak penyebab lainnya. Tentunya panas berlebihan ini juga akan sangat mempengaruhi kinerja baterai, yang akan menjadikan baterai cepat kehabisan daya. Nah di posting ini saia akan membahas tentang tips dan trik mengatasi smartphone yang mengalami panas berlebihan khususnya untuk smartphone Android. Cara-cara dibawah juga bisa diterapkan untuk gadget selain Android seperti BlackBerry dan lainnya. Yuk langsung saja kita ke TKP :D

Ketahui Penyebabnya
Tentunya kita tidak akan bisa mengatasi masalah tanpa mengetahui penyebabnya. Cari tau penyebab yang mungkin bisa menjadi biang dari terjadinya overheat pada gadget tersebut. Perhatikan hal-hal berikut :
(*) Kesalahan penggunaan. Terlalu sering menggunakan gadget untuk sms, telpon berlama-lama, chatting atau browsing. Bermain game berat atau terlalu lama juga bisa menyebabkan overheat karena prosesor, GPU, RAM dll harus bekerja ekstra yang tentunya juga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai, meskipun sumber panas bukanlah sepenuhnya berasal dari baterai.
Solusi : Gunakanlah sewajarnya. Penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan daya baterai cepat terkuras alias boros. Pemakaian wajar juga bisa membantu menghemat baterai gadget anda. Untuk tips lain tentang penghematan baterai bisa anda baca di halaman menghemat baterai smartphone Android
(*) Kondisi cuaca atau area sekitar, serta panas dari luar gadget itu sendiri. Kondisi ruangan yang pengap atau gerah juga bisa mempengaruhi masalah suhu berlebihan pada gadget. Cara memegang yang salah juga bisa mempercepat naiknya suhu pada gadget.
Solusi : Sebaiknya gunakan gadget di area yang lebih sejuk jika ingin menggunakannya untuk hal-hal yang cukup berat seperti bermain game, browsing dll. Lalu saat menggunakan gadget (smartphone), genggamlah dengan "jari", bukan telapak tangan anda. Karena jika anda terlalu erat menggenggam terutama dengan telapak tangan anda, hal itu menyebabkan panas dari dalam gadget tidak dapat terlepas sempurna karena tertahan oleh telapak tangan anda, jadi berikanlah ruang untuk gadget anda agar mendapat udara segar dan melepaskan panasnya. Selain itu, jika anda menggenggamnya dengan telapak tangan, suhu atau panas tubuh anda akan masuk ke dalam gadget sehingga mempercepat naiknya suhu gadget anda.
(*) Kekuatan signal atau jaringan yang anda gunakan. Kekuatan signal juga berpengaruh pada naiknya suhu pada gadget. Jaringan atau sinyal  yang lemah akan membuat gadget lebih cepat panas terutama jika digunakan untuk browsing. Hal ini terjadi karena gadget anda akan terus mencari jaringan yang lebih baik jika signal yang didapatnya terlalu lemah yang (sekali lagi) menyebabkan gadget harus bekerja ekstra.
Solusi : Jika ingin browsing dengan gadget kesayangan, sebaiknya cari tempat yang lebih terbuka. Karena selain lebih sejuk, sering kali jaringan tersebut terhalang oleh tembok, sehingga signal yang diterima oleh gadget menjadi lemah. Terlalu memaksakan memilih jaringan (3G/WCDMA Only misalnya) juga bisa menyebabkan gadget menjadi cepat panas. Jika jaringan di tempat anda lebih stabil di 2G/EDGE, maka sebaiknya hindarilah memaksakan jaringan seperti itu.
(*) Terlalu banyak aplikasi berjalan di background. Sering kali aplikasi yang kita jalankan sebelumnya masih tetap berjalan "dibalik layar" atau di background.
Solusi : Gunakanlah tombol / softkey "back" atau menu "exit" setelah menggunakan aplikasi. Jangan gunakan tombol "Home" (biasa terletak di bagian tengah antara "menu" dan "back" pada gadget Android) untuk menutup aplikasi. Karena jika anda menggunakan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan dibalik layar sehingga akan membebani kinerja prosesor dan RAM yang (sekali lagi) mengharuskannya bekerja ekstra. Selain bisa mempercepat naiknya suhu gadget, hal tersebut juga bisa membuat gadget anda menjadi lemot. Nah bagi anda pengguna Android yang merasa gadgetnya lemot, silahkan mampir ke halaman Mengoptimalkan smartphone Android
(*) Kerusakan baterai. Baterai yang sudah terlalu lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan yang ditandai dengan kembungnya baterai, keluarnya cairan dari baterai dll, terutama untuk baterai berjenis Li-Ion yang "masa hidupnya" ditentukan oleh seberapa sering ia di isi ulang.
Solusi : Gantilah baterai tersebut karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada gadget anda sendiri. Gunakanlah baterai original untuk menjamin kualitas.
(*) FF dan FA. Yang belum tau artinya silahkan mampir ke halaman istilah pada Android
Jika hal diatas tidak membantu dan anda masih merasa ada gangguan pada suhu gadget, ada baiknya anda bawa ke service center terdekat karena bisa jadi ada kesalahan pada gadget itu sendiri.
Semoga bermanfaat :D Jangan lupa untuk meng-klik tombol G+1 dibawah artikel ini :)

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :