Senin, 14 April 2014

Mendeteksi Virus File APK di Android



http://images.detik.com/content/2014/04/10/1440/androidred460.png (ilustrasi)
Jakarta - Apakah file apk yang ada di internet bisa disisipkan virus di dalamnya dan bagaimana cara mendeteksi virus jika memang ada di dalam file apk tersebut? (Reza Wahyudi)

[Vaksincom]:

Dear Reza,

Saya asumsikan file .apk Android Package File (apps / aplikasi) yang anda tanyakan adalah file .apk yang berada di luar Play Store. Bisa dari internet, email, USB Flash, kopi dari teman atau lainnya.

Jangankan file .apk yang ada di internet, file .apk yang ada di Play Store saja bisa dengan mudah disisipkan malware (malicious software) di dalamnya. Kalau tidak percaya, silakan lihat hasil penelusuran RiskIQ atas aplikasi yang ada di Play Store.

Persentase apps jahat di Play Store meningkat dari 2,7 % di tahun 2011 menjadi 12,7 % di tahun 2013 atau kira-kira jumlahnya mencapai lebih dari 42.000 apps jahat di tahun 2013. Adapun peringkat kategori apps yang paling banyak mengandung malware adalah :

1. Personalisation
2. Entertainment.

3. Education/Books.

4. Media/Audio Video.

5. Sports.

Jika apps yang ada di Play Store yang notabene diawasi oleh Google saja bisa mengandung malware, bisa dibayangkan bagaimana dengan apps yang berada di luar Play Store, tentunya jauh lebih berbahaya lebih besar kemungkinannya mengandung malware.

Kabar buruknya, jika pembuat apps memiliki itikad buruk, apps yang pada awalnya tidak mengandung malware sekalipun bisa saja menjadi mengandung malware karena apps ini secara teratur mendapatkan update dan malware tersebut bisa saja dikirimkan melalui update apps. Karena itu sangat penting bagi Anda memilih penyedia apps yang terpercaya.

Jika karena satu alasan tertentu Anda harus menginstal apps dari luar Play Store dan ingin mengecek apakah apps tersebut mengandung malware atau tidak, Anda bisa menggunakan NVISIO Apk Scan yang bisa diakses disini.Next 
Lalu, untuk mengamankan smartphone, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti :

1. Selalu melakukan pengecekan terhadap bonafiditas pembuat apps. Lihat review, cek reputasinya dan selalu cek “apps permission”. Sebagai contoh, program alarm tidak perlu mengakses daftar kontak Anda. Intinya, makin banyak hak yang diminta, Anda harus makin curiga.

2. Hindari sideloading kalau tidak terpaksa. Sideloading adalah aktivitas instal .apk dari luar Play Store.

3. Disarankan anda menginstal program antivirus pada Android anda seperti G Data Antivirus Free disini. Hal ini bisa memberikan perlindungan sekuriti ekstra yang Anda perlukan secara konsisten khususnya ketika sedang lengah atau tidak sengaja mengunduh/menjalankan apps berbahaya.

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 comments

Write comments