Rabu, 12 Februari 2014

Tidak Bisa Download Di Play Store? Ini Solusinya


Tidak Bisa Download Di Play Store? Ini Solusinya - Setelah sebelumnya saya memposting tentang cara mudah download aplikasi di Android, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengatasi error di Google Play Store. Error? Ya, beberapa pengguna mungkin mengalami error ketika mencoba memasuki Google Play Store untuk mencari aplikasi.
"Error 403", "No internet connection" dan "Connection timeout" adalah beberapa pesan yang sering muncul pada saat gagal membuka Google Play Store. Jika kita artikan, no internet connection artinya adalah tidak ada koneksi internet, padahal jelas - jelas kita sudah membeli paket internet dan menghubungkannya ke internet. Saya sendiri pun pernah mengalaminya ketika saya baru beberapa minggu menggunakan perangkat Android dan jujur saja hal itu sukses membuat saya kesal.
Namun setelah saya mencari solusi di internet, saya menemukan satu metode yang cukup ampuh bahkan sangat ampuh untuk mengatasi error seperti yang saya sebut diatas. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan kepada para pembaca sekalian tentang trik untuk mengatasi error di Google Play Store yang saya temukan di salah satu blog hasil pencarian di internet.
Ternyata yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan sedikit mengedit pengaturan atau setting dari internet pada perangkat Android kita. Untuk melakukannya, pertama - tama anda harus masuk ke menu setting terlebih dahulu. Pada home page atau tampilan awal layar anda bisa langsung menekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih setting seperti pada gambar dibawah ini.
Setting jaringan Android
Kemudian akan muncul beberapa menu seperti pada gambar di bawah ini. Pilih option more, atau carilah menu yang berhubungan dengan jaringan seperti wireless & network (nirkabel dan jaringan) atau yang lainnya, karena tiap versi Android dan merek yang digunakan bisa saja berbeda.
Setting untuk mengatasi google play error
Lalu jika jika benar, maka anda akan menemukan tampilan menu seperti pada gambar dibawah ini. Pilihlah mobile networks atau jaringan mobile.
Mengatasi play store error
Kemudian pilihlah access point name seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.
Setting agar bisa download di google play store
Lalu akan muncul beberapa pilihan APN (Access Point Name). Perhatikan lingkaran merah pada gambar dibawah ini. Itu menunjukkan APN yang sedang anda gunakan, dan pastikan anda mensetting pada APN yang anda gunakan tersebut dengan cara menyentuh bagian pada panah berwarna merah.
memperbaiki google play store yang error
Perhatikan menu Proxy dan Port. Pada kedua menu tersebut akan ada beberapa kode, anda tinggal menghapus (mengosongkan) kedua kode yang ada tersebut lalu pilih save atau ok. Namun jangan lupa untuk membackup nya terlebih dahulu, agar anda bisa mengembalikan kedua kode yang sudah dihapus tadi jika cara ini tidak berhasil. Bingung cara backup nya? Catat saja pada secarik kertas.
Mengatasi google play error 403
Dan setelah mengikuti langkah - langkah itu, silahkan coba masuk kembali ke Google Play Store dan lihat bagaimana hasilnya. Pastikan jaringan yang anda gunakan cukup baik, karena jika tidak, error serupa akan tetap muncul. Namun jika jaringan baik, dan tetap terjadi error, silahkan masukkan kembali kedua kode yang sudah di backup (catat) tadi, karena mungkin saja ada faktor lain yang menyebabkannya.
Mungkin itu saja yang bisa saya tulis pada segmen tips dan trik kali ini. Semoga bermanfaat :)
Referensi artikel dan sumber gambar : Dunia Gadget 558 pada posting Cara mengatasi Google Play error (tidak bisa download)

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :