Rabu, 12 Februari 2014

Bagaimana Ciri - Ciri HP Android?

Bagaimana Ciri - Ciri HP Android? - Semakin hari semakin banyak saja orang yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android, baik dalam bentuk smartphone, PC tablet, ataupun smartwatch. Hal ini dikarenakan banyaknya fitur yang bisa dinikmati dari sistem operasi ini, mulai dari aplikasi yang melimpah, pilihan merek dan harga yang beragam, serta mudahnya untuk melakukan kostumasi pada perangkat tersebut. Namun yang saya perhatikan masih banyak orang awam yang belum mengetahui secara pasti ciri dari smartphone Android. Banyak orang berpikiran bahwa Android adalah Samsung karena popularitas dari merek tersebut.
Apakah semua ponsel Samsung itu Android? Tentu saja tidak! Perlu saya tegaskan bahwa Android adalah sebuah sistem operasi berbasis Linux yang bebas digunakan oleh vendor mana saja yang ingin mengadopsinya. Dan vendor yang menggunakan sistem operasi Android saat ini ada banyak sekali, mulai dari Sony dengan jajaran produk Xperia nya, HTC, LG Optimus, Lenovo, Motorola dan lain - lain. Jadi Android itu bukan merek, apalagi dari Samsung, dan tidak semua ponsel Samsung adalah Android.

Lalu bagaimana cara membedakan hp Android atau bukan? Beberapa hal yang akan saya tulis dibawah ini mungkin bisa menjadi patokan untuk mengetahui apakah sebuah handphone atau smartphone menggunakan OS Android atau tidak. Berikut diantaranya :
1. Menggunakan layar sentuh
Umumnya perangkat dengan sistem operasi Android yang beredar saat ini menggunakan layar sentuh. Karena memang sistem operasi yang memiliki icon robot hijau lucu ini dioptimalkan untuk perangkat dengan layar sentuh. Tapi bukan berarti semua perangkat ponsel atau smartphone adalah perangkat Android.
2. Merek yang tidak menggunakan OS Android
Beberapa merek seperti iPhone, Nokia, dan BlackBerry bukanlah perangkat Android. Terutama untuk iPhone, karena ternyata ada beberapa orang yang mengira bahwa iPhone adalah Android, padahal keduanya jelas - jelas berbeda. Perangkat iPhone menggunakan OS buatan perusahaannya sendiri (Apple) yakni iOS.
3. Home Screen (Tampilan awal)
Umumnya homescreen pada Android terdiri dari beberapa halaman, dan halaman utama biasanya terdapat Widget Google Search (lihat gambar dibawah). Meski terkadang tampilannya akan berbeda - beda tiap merek, namun widget ini hampir dipastikan akan selalu ada pada tiap perangkat Android yang baru dibeli.
Home Screen Xperia Android
4. Widget pada homescreen
Pada Android, kita bisa mengkostumasi atau mengatur tampilan homescreen dengan widget yang kita inginkan. Menambahkan, memindahkan, ataupun menghapus widget yang ada. Caranya adalah dengan menyentuh dan tahan pada widget yang kita inginkan, lalu perangkat akan bergetar dan anda bisa memindahkannya (perhatikan gambar dibawah)
Widget pada Android
5. Terdapat toko aplikasi bernama Google Play
Google Play Store adalah toko aplikasi resmi pada Android. Jadi umumnya tiap perangkat Android sudah dilengkapi dengan Google Play. Biasanya aplikasi ini sudak berada di homescreen dengan icon tas belanja.
6. Masih ragu? Cek saja!
Jika anda masih meragukan beberapa ciri diatas, anda bisa langsung melakukan pengecekan dengan cara masuk ke menu setting -> scroll ke bagian paling bawah menu, pilih about phone atau tentang ponsel -> maka akan tertera beberapa informasi seputar perangkat anda termasuk versi Android yang digunakan (Android Version). Sentuh menu Android version beberapa kali secara beruntun lalu lihat apa yang terjadi :)
Nah itulah beberapa cara untuk mengetahui ciri hp Android. Semoga bermanfaat :D

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :