Rabu, 19 Februari 2014

Apa Itu User Agent dan Bagaimana merubah User Agent Browser

Apa Itu User Agent dan Bagaimana Menerapkannya di Browser. User Agent biasa disingkat dengan UA merupakan identitas dari browser yang sedang digunakan. User Agent berupa sederatan kode string informasi yang dikirim ke web server dari browser yang kita gunakan saat mengakses sebuah halaman web. Dalam beberapa kasus kerap kali dalam mengakses sebuah halaman web juga kadang tidak terbuka atau diredirect kehalaman lain, itu dikarenakan UserAgent browser yang kita gunakan tidak diizinkan oleh web server untuk mengakses halaman tersebut. Web server juga menggunakan informasi dari User Agent Pada Browser dalam mengakses sebua halaman yang kemudian menyesuaikannya dengan browser dari media yang digunakan, misalnya jika anda pengguna Iphone atau Blackberry maka saat browsing, setiap halaman yang dibuka akan disesuikan dengan browser dari Iphone tersebut. berikut adalah contoh kode User Agent:

Mozilla/5.0 (Windows NT 6.1; rv:19.0) Gecko/20100101 Firefox/19.0

Bagi sobat blogger juga bisah memanfaatkan ini untuk melihat tampilan blognya dibeberapa perangkat mulai dari sistem Operasi, Browser, jenis ataupun versi browser yang digunakan. Lantas bagaimanakah merubah UA browser anda ? simak caranya seperti berikut ?

Bagaimana merubah User Agent Browser ?

Untuk merubah User Agent (UA) pada browser, anda dapat merubahnya dalam beberapa cara yang akan saya jelaskan dengan singkat pada poin-poin berikut.


  1. Addons User Agent Switcher

    khusus pengguna firefox, silahkan instal add-ons ini, gunakanlah versi terbaru dari add-ons ini. cara penerapannya silahkan pilih menu tools > Default User Agent, selanjutnya akan ada banyak pilihan untuk jenis browser yang akan digunakan silahkan pilih salah satu.

    List-list User Agent yang disediakan oleh penyedia Add-ons tersebut kadang masih menggunakan jenis browser lama. Anda bisa menambah jumlah list-list browser tersebut dengan mengimport file Useragentswitcher yang ber-ekstensi .xml

    Silahkan download file UA dengan jenis browser terbaru (Firefox 20, Google Chrome 28, Internet Explorer 10.6), download disini.
  2. Rubah User Agent lewat About:Config Browser

    Cara ini boleh dibilang manual karena kita menginputkan sendiri identitas browser yang digunakan. Simak Caranya berikut :
    buka Tab baru browser lalu ketik about:config
    selanjunya klik kanan pada bagian area configurasi lalu pilih New &gt String.
    Lalu akan muncul box kecil, isi dengan general.useragent.override
    selanjutnya akan muncul kotak box kedua, isi dengan User Agen yang ingin digunakan. seperti berikut contoh user agent yang akan dimasukan.

    Mozilla/5.0 (compatible; MSIE 10.0; Windows NT 6.2; WOW64; Trident/6.0)

    silahkan kunjungi situs http://www.whatsmyuseragent.com/CommonUserAgents untuk memilih user agent baru jika ada sobat yang ingin mencoba.

Selain dua cara diatas sebenarnya masih ada 1 cara lagi tapi itu tergolong susah menurut saya dan sedikit membingungkan karena cara yang ketiga ini adalah Meng-edit User Agent dengan menganalisa kode user agent dan menggolongkan mana yang merupakan Description, User Agent, App Code Name, App Name, App Version, Platform, Vendoor, Vendor Sub.

Berhubung disini kita belajar sama-sama, alangka baiknya saya share saja analisa penggolongan user agent. Ini adalah hasil analisa dari yang saya pahami mudah-mudahan saya tidak salah dan jika saya salah mohon dibenarkan. Berikut salah satu kode User Agent yang akan kita analisa untuk kemudian anda bisah kembangkan sendiri.

Mozilla/5.0 (BlackBerry; U; BlackBerry 9300; en-US) AppleWebKit/534.8+ (KHTML, like Gecko) Version/6.0.0.570 Mobile Safari/534.8+

Description : BlackBerry 9300
User Agent: Mozilla/5.0 (BlackBerry; U; BlackBerry 9300; en-US) AppleWebKit/534.8+ (KHTML, like Gecko) Version/6.0.0.570 Mobile Safari/534.8+
App Code Name: Mozilla/5.0 App Name: AppleWebKit/534.8+ (KHTML, like Gecko)
App Version: 6.0.0.570 Mobile Safari/534.8+
Platform: BlackBerry
Vendor : boleh dikosongkan
Vendor Sub : boleh dikosongkan

Cara memang manual, untuk memasukannya kedalam browser silahkan pilih menu tools > Default User Agent > Edit User Agents... > New > New User Agents. selanjutnya masukan urutan UA yang anda lisa tai kedalam kotak inputan. perhatikan gambar berikut (Klik gambar untuk memperjelas).

User Agent Switchet
User Agent

Semoga tutorial ini dapat bermanfaat buat saya pribadi terutamba bagi anda pada umumnya. Sekian share Apa Itu User Agent dan Bagaimana merubah User Agent Browser kali ini, semoga bisah manambah pengetahuan dan tidak menyalahagunakan trik ini.

Suka artikel ini? Bagikan :

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :