Senin, 09 September 2013

Jenis-Jenis Sistem Encrypsi/Acakan TV


Pada saat kita nonton acara sepak bola di tv yang menggunakan parabola kita sering jengkel dengan tv yang menayangkan acara tersebut, pada saat acara bola dimulai tiba-tiba acara Tv menjadi gelap tidak ada suara dan gambar. Pihak tv  mengacak acara tersebut karena tidak memiliki hak siar dan bertujuan untuk berlangganan Pay Tv .
Dari sekian banyak sistem Encrypsi tv, Biss (Basic Interoperable Scrambling System) adalah mungkin yang paling populer dan paling bersahabat. Mengapa saya katakan paling bersahabat? Karena Basic Interoperable Scrambling System (biss) ini adalah sistem encrypsi yang paling rendah tingkat keamanannya dibanding sistem encrypsi lainnya sehingga mudah di bobol para hackers. Biss ini berupa kode 16 digit yang berisi huruf dan angka. Biss dapat diperoleh dari aplikasi sebut saja cw brute, dengan cara merekan siaran acara yang diacak lalu dimasukan ke aplikasi cw brute.
Selain biss masih banyak sistem encrypsi lainnya yang mungkin jarang terdengar kita. Sistem encrypsi ini pada umumnya sangat kuat sehingga tidak mudah bahkan tidak bisa dihack sehingga banyak diminati dan digunakan stasiun-stasiun tv berbayar untuk melindungi siaran tv nya dari penonton yang bukan pelanggannya. Contohnya saja pay tv Skynindo yang meng encrypsi siarannya dengan Viaccess 2.3, Topas dengan sistem encrypsi Tongfang & Xcrypt atau Orange dengan Irdeto nya dll…
Jadi sebagai pembelajaran kita semua terutama para pemula yang baru mengenal encrypsi tv bahwa tidak semua siaran yang di scrambel/diacak itu menggunakan sistem biss (Basic Interoperable Scrambling System). Untuk mengetahui apa sistem encrypsi suatu siaran kita bisa melihatnya di tipe-tipe receiver digital satellite tertentu yang saat ini sudah semangkin canggih, atau dapat juga dengan cara mengunjungi lyngsat.
Berikut beberapa jenis sistem encrypsi tv :
1. Tongfang
2. Conax
3. PowerVu
4. Multi
5. Nagravision
6. Viaccess
7. Irdeto
8. Betacrypt
9. Videoguard
10. CBS2
11.  MediaCipher
12. Xcrypt
13. Biss
14. Neotion SHL
15. Cryptoguard
16. Mediaguard
17. JetCAS
18. Cryptoworks

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :