Senin, 21 Mei 2012

Mengetahui Kekuatan Password

Sebagai salah satu online user atau pengguna dunia maya tentu sudah paham sekali seberapa penting kumpulan karakter yang disebut dengan password tersebut. Mulai dari membuat password dengan cerdas, mengingat password dengan mudah tetapi tetap menghindari password paling gampang di tebak.
Setelah kita melakukan itu semua, tentu kita akan berfikir bahwa password yang telah kita buat merupakan password yang sangat kuat. Tetapi akan lebih membantu meyakinkan kita lagi apabila kita dapat mengetahui kekuatan password kita dan semakin mantap untuk menggunakan password tersebut.
Salah satu pengaman yang digunakan untuk melindungi akun, rekening dan apapun yang bersifat online adalah password. Semakin kuat password akan semakin melindungi akun kita.
Dan sesungguhnya, prinsip kerja dari para pencari password adalah menebak kata apa yang kita gunakan sebagai password, dan semakin kompleks atau aneh password maka akan semakin susah untuk ditebak atau setidaknya membutuhkan waktu yang jauh lebih lama bila dibandingkan menggunakan password yang sederhana.
Untuk menguji kekuatan password, kita dapat memanfaatkan sebuah aplikasi website yang menyediakan jasa untuk mengukur kekuatan sebuah password. Pengukuran berdasarkan karakter yang digunakan dan jumlahnya kemudian dikonversikan menjadi waktu yang dibutuhkan sebuah PC untuk mendapatkan formasi karakter tersebut.
Selain itu website ini juga memberikan peringatan dan juga saran apabila password kita terlalu sederhana dan sangat mudah untuk ditebak. Termasuk apabila kita menggunakan password yang sangat umum dipakai di seluruh belahan dunia.
Berikut contohnya :

Terlihat password yang hanya terdiri dengan 4 karakter dan berupa angka semua sangat tidak disarankan bahkan termasuk dalam 10 password paling banyak digunakan.
Anda bandingkan dengan password berikut ini yang dibuat secara unik hingga sulit untuk di tebak.
Dengan 13 buah karakter yang terdiri dari angka, huruf kapital, huruf kecil dan karakter khusus, sebuah komputer untuk mengacak kemungkinan-kemungkinannya membutuhkan 818 juta tahun. Saya rasa sudah cukup aman karena umur manusia tidak sampai 1 juta tahun pun rasanya :)
Bila ingin mengetahui kekuatan password anda, silahkan kunjungi How Secure is My Password.

ilmu komputer

About ilmu komputer

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :